PEMIMPIN IDEAL.

Memilih dan menunjuk seseorang untuk menjadi pemimpin tidaklah  mudah dan butuh proses. Yang sering terjadi saat memilih pemimpin atau ketua biasanya hanya melihat profilnya dan faktor kedekatan saja.

Padahal kalau mau memilih pemimpin atau ketua, yang perlu kita perhatikan adalah kriteria seorang pemimpin itu terlebih dahulu.
Disepakati dulu dalam suatu forum kriteria apa saja yang harus dipenuhi untuk menjadi pemimpin.

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu membawa perubahan pada sasaran tertentu demi kemajuan yang dipimpinnya. Untuk menjadi pemimpin tidak harus dari faktor kedekatan dan keturunan. Pengalaman dan punya jiwa kepemimpinan serta kemampuan organisatoris sangat dibutuhkan.

Seorang pemimpin dituntut tidak hanya punya pandangan yang luas, kreatif dan inovatif tapi juga harus punya jiwa besar mau menerima kritik dari bawahan selama itu untuk kebaikan.
Pemimpin juga harus memiliki pengetahuan tentang apa yang dipimpinnya serta mampu mencari solusi dalam  menyelesaikan masalah. Yang tidak kalah penting adalah dapat menyelesaikan konflik internal dengan baik dan bijaksana tanpa menyudutkan dan tidak diskriminatif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MASYARAKAT SUDAH CERDAS

HALAL BIHALAL KELURAHAN UJUNG

CANGKRUAN.