TAKUT MENIKAH.

Setiap orang tua  pasti menginginkan anaknya mendapatkan jodoh  seperti yang di idamkan serta hidup berbahagia.
Untuk mewujudkan keinginan tersebut, ada beberapa hal yang harus dilengkapi sebelum mengadakan resepsi pernikahannya.
Prosesi akad nikah.

Selain mempersiapkan surat surat, orang tua calon mempelai putri juga dihadapkan dengan biaya untuk mengurus surat surat ke KUA. Biasanya untuk mengurus semua itu diserahkan ke Modin RW setempat.
Besar nya biaya mengurus surat nikah di setiap wilayah tidak sama.

Walau sudah ada ketetapan besarnya biaya dari KUA, namun  kadang besarnya biaya yang diminta modin membuat orang tua harus mengeluarkan biaya yang melebihi dari yang sudah ditetapkan. Belum lagi kalau ada surat yang kurang lengkap atau umur dari calon mempelai yang kurang, maka biaya yang harus dikeluarkan akan lebih besar lagi.
Resepsi pernikahan

Tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk menikah, selain untuk mengurus surat surat, juga biaya untuk acara resepsinya. Bagi masyarakat kalangan menengah kebawah biasanya resepsi pernikahan dilangsungkan ditempat tinggal mempelai putri, tempatnya kadang di gang yang sempit.
Selain menggunakan jasa rias pengantin yang harganya bisa disesuaikan dengan kondisi keuangannya, masih ditambah sewa terop, meja kursi serta sound system.
Sah menurut agama dan negara

Harapannya biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus surat nikah bisa seringan mungkin tanpa ada tambahan lain lainnya.
Selayaknya instansi yang berwenang dalam hal ini KUA mengeluarkan surat edaran ke RW - RW sehingga  masyarakat tahu besarnya biaya untuk mengurus surat nikah, kalau hal ini dilakukan maka bisa meminimalisir  penyimpangan dari oknum-oknum yang tidak tidak bertanggungjawab.





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MASYARAKAT SUDAH CERDAS

HALAL BIHALAL KELURAHAN UJUNG

CANGKRUAN.