MEMANFAATKAN DANA KELURAHAN.

154 kelurahan di Surabaya dalam tahun 2020 akan mendapatkan kucuran dana kelurahan besarnya 500 miliar.
Dana APBD sebesar Rp.500 miliar untuk 154 kelurahan di Surabaya ini kalau kita break down lagi untuk masing-masing RW akan mendapat kucuran kurang lebih 300 juta rupiah.

Untuk apa dana sebesar itu? Ini yang harus diketahui dan dipahami oleh masyarakat khususnya ketua RT dan RW.
Selain untuk pembangunan fisik, dana ini bisa juga untuk meningkatkan SDM di masyarakat. Contohnya bila masyarakat di wilayah tersebut banyak yang berdagang, dana ini bisa juga digunakan untuk mengadakan pelatihan cara promosi untuk memperkenalkan produk serta meningkatkan omzetnya.
Atau mengadakan kegiatan sosial, pengadaan perlengkapan olahraga untuk karang taruna dan  pelatihan pelatihan lain yang intinya untuk meningkatkan SDM di masyarakat.

Kalau melihat sarana dan prasarana yang ada khususnya Surabaya Utara, masih banyak yang harus dilakukan dan diperhatikan. Jalan jalan di kampung banyak paving yang rusak serta saluran di beberapa tempat yang sempit sehingga alirannya tidak lancar yang bisa mengakibatkan banjir saat hujan.

Pembangunan  diwilayah bisa berjalan dengan baik apabila seluruh komponen masyarakat yang ada bisa bekerjasama. Para pengurus RT dan RW adalah orang yang paling tahu apa apa yang menjadi kebutuhan wilayah nya. Komunikasi dengan LPMK serta kelurahan harus terus dilakukan sehingga ketika mengajukan usulan saat musrembangkel semua sudah tersusun dengan rapih dan baik.

Tidak kalah penting adalah peran LPMK, yang harus mengakomodir semua kebutuhan yang diajukan tiap-tiap RW serta mengkoreksi apabila ada yang perlu diperbaiki.
LPMK bersama lurah serta para ketua RW dan tokoh masyarakat dalam musrembangkel membahas usulan dan menentukan skala prioritas, mana yang lebih urgent bila ada usulan yang sama sehingga tidak terjadi kecemburuan sosial di masyarakat.

Dana sebesar itu, mulai perencanaan pengajuan usulan, realisasi pengelolaan anggaran saat pelaksanaan, harus transparan dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.
Semoga dengan adanya dana kelurahan yang cukup besar ini bisa bermanfaat buat masyarakat.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MASYARAKAT SUDAH CERDAS

HALAL BIHALAL KELURAHAN UJUNG

CANGKRUAN.